GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SMPIT RAUDHATUL JANNAH CILEGON

IMG_2238

Pada tahun ini pemerintah di bawah arahan Kemendikbud mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan ini merupakan usaha pemerintah untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. (Panduan Gerakan Literasi Sekolah).

IMG_2231IMG_2230

Hal ini dilatarbelakangi oleh penelitian dari lembaga Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2009 yang menunjukkan bahwa peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-57 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 493), sedangkan PISA 2012 menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-64 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 496) (OECD, 2013). Sebanyak 65 negara berpartisipasi dalam PISA 2009 dan 2012. Dari kedua hasil ini dapat dikatakan bahwa praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah belum memperlihatkan fungsi sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang berupaya menjadikan semua warganya menjadi terampil membaca untuk mendukung mereka sebagai pembelajar sepanjang hayat. (Panduan Gerakan Literasi Sekolah)

SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon menyadari betapa pentingnya budaya membaca bagi perkembangan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan dimulainya gerakan gemar membaca di lingkungan sekolah jauh sebelum pemerintah menetapkannya dalam aturan yang jelas. Gerakan gemar membaca di SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon dimulai sejak tahun 2012 dengan nama program Reading Time. Program ini diprakarsai oleh Kepala Sekolah dan guru-guru di sekolah yang peduli dengan pentingnya gerakan literasi dan budaya membaca. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari kunjungan sekolah ke Singapura.

IMG_2234 IMG_2232 IMG_2238 IMG_2237

Pada pelaksanaannya, program ini berlangsung sebelum kegiatan belajar dimulai yaitu pada pukul 07.15 sampai dengan 07.55. Program ini awalnya berlangsung pada hari senin saja. Namun untuk tahun ini bertambah menjadi setiap hari sebagai bentuk nyata dukungan sekolah terhadap program GLS yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ketika program Reading Time berlangsung, semua warga sekolah harus membaca sebuah buku sastra. Bagi peserta didik bisa membawa dari rumah sesuai dengan minat mereka atau meminjamnya dari perpustakaan sekolah atau pojok baca. Setelah membaca selesai, peserta didik akan menuliskan ringkasan bacaannya di jurnal peserta didik dan diberikan kesempatan untuk menceritakannya di depan kelas.

IMG_2229 IMG_2222 IMG_2226 IMG_2227 IMG_2211 IMG_2209IMG_2215IMG_2242

Selama kurang lebih 4 tahun program ini berjalan, budaya membaca di lingkungan sekolah mulai tercipta. Peserta didik juga mulai menemukan buku bacaan kesukaan mereka masing-masing. Dimulai dari cerpen, novel, seri ilmu pengetahuan, bahkan novel berbahasa Inggris. Untuk jenis buku bacaan sendiri, sekolah hanya memperbolehkan buku sastra saja dan melarang untuk membaca buku pelajaran atau komik pada program Reading Time. Sekolah juga menyediakan Pojok Baca di beberapa sudut sekolah agar memudahkan peserta didik mendapatkan buku bacaan. Pojok baca ini ada di tangga menuju lantai 2 dan di samping ruang Tata Usaha sekolah.

IMG_2228

Pojok Baca dekat kantor tata usaha

Pojok Baca dekat kantor tata usaha

Sebagai bentuk penghargaan kepada peserta didik dan warga sekolah, diadakan Reading Award berupa penghargaan bagi peserta didik atau warga sekolah yang berhasil menyelesaikan minimal 10 buku pada tiap semesternya. Semua warga sekolah sangat antusias untuk mendapatkan penghargaan ini dan berlomba untuk mendapatkannya. Dan bertepatan dengan Dirgahayu RI ke 71 diadakan pula lomba pojok baca kelas. Dengan kegiatan ini, diharapkan setiap kelas memiliki pojok baca untuk menyalurkan minat baca mereka.

Peraih Reading Award Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester Genap

Peraih Reading Award Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester Genap

IMG_2218

pojok baca kelas

pojok baca kelas

Pada tahun ini pihak sekolah akan memberikan referensi buku bacaan wajib bagi peserta didik sesuai dengan tingkatan mereka. Buku bacaan ini berisi buku berbahasa Indonesia dan buku berbahasa Inggris. Diharapkan dengan diberikannya daftar buku bacaan wajib ini, kegiatan Reading Time atau GLS di SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon bisa lebih terarah.

IMG_2221 IMG_2216

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *