OUTDOOR CLASS KE BMKG DAN MUSEUM BANTEN

IMG_1761

13 Agustus 2016, peserta didik kelas VII SMPIT Raudhatul Jannah melaksanakan outdoor class menuju Museum Banten dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Serang Provinsi Banten. Kunjungan ini bukan pertama kalinya bagi SMPIT Raudhatul Jannah. Namun, bagi peserta didik kelas VII, kunjungan ini mungkin yang pertama kalinya. Kegiatan edukatif ke BMKG dan Museum Banten bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik yang berkaitan dengan iklim, cuaca, musim, dan sejarah Banten. Hal ini berhubungan dengan materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dipelajari oleh peserta didik di kelas VII.

IMG-20160813-WA0019IMG_1570

Di BMKG, peserta didik dapat melihat langsung alat- alat yang berkaitan dengan klimatologi seperti termometer tanah, anemometer, higrometer, ombrometer, dan masih banyak yang lainnya. Peserta didik juga diberi arahan oleh pemandu dari BMKG mengenai bagaimana cara kerja dari alat-alat tersebut.

IMG_1724 IMG_1709 IMG_1652 IMG_1607

20160813_112654 20160813_111337

Alat – alat yang terdapat di BMKG memiliki fungsi yang besar dan berpengaruh pada kehidupan manusia misalnya dalam bidang pertanian dan penerbangan. Sedangkan di Museum Banten, peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pengalaman langsung mengenai peninggalan kerajaan Banten dan situs-situs Banten. Peserta didik dipandu langsung oleh guide mengelilingi Museum Banten dan melihat-lihat situs-situs peninggalan Banten tempo dulu seperti, Kresiden Banten, prahistoric, pipa terakota, replika patung archa ganesha, gerabah, fosil badak bercula satu dan masih banyak lagi.

IMG-20160813-WA0023 IMG-20160813-WA0032 IMG_1605 IMG_1648

Kak Rival, salah satu guide Museum Banten mengajak peserta didik ke sebuah ruangan yang pada zaman kolonial belanda digunakan sebagai penjara. Penjara tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Banten yang berani menentang kekuasaan Belanda. Bahkan banyak pahlawan Banten yang dihukum gantung di sana karena berani memberontak para penjajah. Pengalaman langsung ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi peserta didik untuk mengingat dan menghargai jasa – jasa para pahlawan Banten yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia dengan cara menjadi penerus bangsa yang SAJUTA MANTAP. Seperti moto SMPIT Raudhatul Jannah yaitu menjadikan peserta didik yang santun, jujur, tanggung jawab, mandiri, dan berprestasi ( SAJUTA MANTAP).

IMG-20160813-WA0014 IMG_1749

Kegiatan kunjungan BMKG dan Museum Banten Sabtu kemarin disambut suka cita oleh peserta didik kelas VII. Terlihat begitu antusiasnya peserta didik dalam menyimak dan mengajukan pertanyaan kepada pemandu BMKG dan Museum Banten. Hal ini juga, diungkapkan salah satu peserta didik kelas 7C SMPIT Raudhatul Jannah yang bernama Fayyaza Faiz Adams yang akrab dipanggil Aya. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan yang dilaksanakan kemarin Sabtu menambah wawasannya mengenai sejarah Banten dan fungsi dari BMKG itu sendiri. Selain itu, Ia menambahkan bahwa kunjungan kemarin adalah pengalaman yang sangat excited karena ini merupakan pengalaman pertama baginya yang banyak memberinya pengetahuan.

Mengingat begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini, diharapkan kunjungan ke BMKG dan Museum Banten dapat dilaksanakan setiap tahunnya oleh SMPIT Raudhatul Jannah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *